KUNJUNGI WEBSITE RESMI CIANJUR NEWS (CN) DI WWW.CIANJURNEWS.COMIIKUTI DIKLAT BLOG UNTUK GURU YANG DILAKSANAKAN OLEH WSI KERJASAMA TELKOM DAN CBC, BERTEMPAT DI PT. TELKOM CIANJUR MULAI TANGGAL 6 APRIL S.D 28 MEI 2008 ,PENDAFTARAN GRATIS, DAFTAR KE : SMK ISLAMIYAH SAYANG JL. PROF. MOH YAMIN NO. 110 SAYANG CIANJUR KONTAK PERSON : 08156309231

3.050 RTSM Terima Dana PKH

Diposting oleh Asep Moh. Muhsin | 05.21 | | 0 komentar »


CianjurNEWS (19/12) Dana bantuan program keluarga harapan (PKH) sebagai pengganti bantuan langsung tunai (BLT) dibagikan kepada 3.050 rumah tangga sangat miskin (RTSM) di dua kecamatan, yakni Kecamatan Karangtengah dan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur, kemarin. Pantauan Radar di Kantor Pos Cianjur, ribuan warga yang tergolong RTSM terlihat antre sejak pukul 07:00 WIB hingga sore hari di sepanjang Jalan Siliwangi hingga Kantor Pos di Jalan Siti Jenab. Namun antrian cukup tertib sehingga penyaluran berjalan lancar.

Warga yang antre terlihat membawa kartu PKH berwarna biru dan kartu tanda penduduk (KTP). Setelah memasuki ruangan pembayaran, raut wajah mereka terlihat berbinar-binar. "Saya sangat senang mendapat bantuan ini," tutur Komariah (54) warga Sukaluyu.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Cianjur Rusli Hartono melalui Kasubdin Sosial Rita Nanjar mengungkapkan, bantuan PKH merupakan program baru dari pemerintah pusat untuk membantu para RTSM.

Penyaluran PKH tahap pertama di Kabupaten Cianjur tahun 2007 kali ini diberikan kepada 3.050 RTSM dan baru sebatas tahap uji coba. Jumlah RTSM itu merupakan hasil validasi dan verifikasi data BPS Kabupaten Cianjur.
"Penyaluran dana kali ini baru uji coba di dua kecamatan yaitu Sukaluyu dan Karangtengah. Data diambil dari BPS yang ditindaklanjuti validasi ke lapangan sehingga hasilnya Cianjur mendapatkan kuota sebanyak 3.050 RTSM," terang Rita kepada Radar, kemarin.

Program PKH berdasarkan kriteria-kriteria khusus untuk objek penerima bantuan. Pendataan rogram ini lebih ketat dan selektif dibandingkan program BLT tahun lalu. Besaran bantuan tiap RTSM bervariatif antara Rp 600 ribu hingga Rp 2,2 juta per tahun. Bantuan ini diberikan per triwulan.

Kriteria RTSM yang mendapatkan bantuan PKH yakni mempunyai anak sekolah, ibu hamil, dan anak balita. Program PKH juga lebih ditekankan pada bidang pendidikan dan kesehatan. “Tujuan program ini untuk mengurangi beban masyarakat dengan mengubah pola pikir dari yang asalnya tidak sehat menjadi sehat,” jelas Rita.

Sumber : Nag radar Bogor

0 komentar