KUNJUNGI WEBSITE RESMI CIANJUR NEWS (CN) DI WWW.CIANJURNEWS.COMIIKUTI DIKLAT BLOG UNTUK GURU YANG DILAKSANAKAN OLEH WSI KERJASAMA TELKOM DAN CBC, BERTEMPAT DI PT. TELKOM CIANJUR MULAI TANGGAL 6 APRIL S.D 28 MEI 2008 ,PENDAFTARAN GRATIS, DAFTAR KE : SMK ISLAMIYAH SAYANG JL. PROF. MOH YAMIN NO. 110 SAYANG CIANJUR KONTAK PERSON : 08156309231

Harga Sayuran dan Beras Belum Stabil

Diposting oleh Asep Moh. Muhsin | 05.10 | | 0 komentar »

CianjurNEWS(22/12) Memasuki H+2 Idul Adha 1428 Hijriyah, harga sayuran dan beras di Pasar Induk Cianjur belum stabil. Meski demikian kenaikan masih dalam batas kewajaran. Pantauan Radar, kenaikan harga sayuran seperti kol, bawang merah, kentang, dan cabe merah bertahan pada kisaran Rp 200-Rp 500 per kilogram (kg). Berbeda dengan harga sayuran jenis buncis, cabe hijau, serta wortel, masih stabil berada pada level harga pasar.

Nanay (39) pedagang sayuran di Pasar Induk Cianjur menyebutkan, jenis sayuran yang mengalami kenaikan yaitu kol naik sekitar Rp 1.000/kg. Bawang merah naik Rp 4.000/kg, kentang naik Rp 1.000/kg, serta cabe merah naik Rp 4.000/kg.

Kenaikan harga sayuran tersebut, menurutnya, disebabkan naiknya ongkos angkut serta mulai masuknya musim hujan. "Sayuran cepat layu dan busuk apalagi jika tertimpa hujan sehingga wajar mengalami kenaikan," ujar Nanay kepada wartawan, kemarin.

Selain sayuran, harga beras medium juga mengalami kenaikan yang asalnya dijual Rp 4.300/kg naik menjadi Rp 4.800/kg. "Kenaikan harga beras yaitu antara Rp 400/kg hingga Rp 500/kg," kata Ece (52) pedagang beras di Pasar Induk Cianjur.

Kenaikan harga beras dipicu karena musim panen di beberapa daerah sudah langka dan diprediksi kenaikan bisa terjadi dalam beberapa pekan ke depan.
Kenaikan harga sayuran dan beras sangat dikeluhkan oleh konsumen, terutama mereka yang dari kalangan berekonomi lemah. Ani (32) konsumen yang ditemui sedang berbelanja di Pasar Induk Cianjur, berharap pemerintah lebih tanggap dan segera mengendalikan harga beras.

Sebelumnya Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Cianjur H Oting Zainal Mutaqin menyebut menjelang Idul Adha, Natal dan Tahun Baru 2008, harga bahan pokok di beberapa pasar masih stabil. "Cuma telur yang mengalami kenaikan sekitar Rp 200/kg," sebutnya.

Sumber : Nag Radar Bogor

0 komentar