KUNJUNGI WEBSITE RESMI CIANJUR NEWS (CN) DI WWW.CIANJURNEWS.COMIIKUTI DIKLAT BLOG UNTUK GURU YANG DILAKSANAKAN OLEH WSI KERJASAMA TELKOM DAN CBC, BERTEMPAT DI PT. TELKOM CIANJUR MULAI TANGGAL 6 APRIL S.D 28 MEI 2008 ,PENDAFTARAN GRATIS, DAFTAR KE : SMK ISLAMIYAH SAYANG JL. PROF. MOH YAMIN NO. 110 SAYANG CIANJUR KONTAK PERSON : 08156309231

Kiriman Uang TKI Capai 2 Miliar/Hari

Diposting oleh Asep Moh. Muhsin | 05.27 | | 0 komentar »

CianjurNEWS(19/12) Jumlah kiriman uang transfer Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Cianjur menjelang Hari Raya Idul Adha 1428 Hijriyah kali ini mencapai Rp 2 miliar/hari. Peningkatan itu dua kali lipat dibandingkan dengan hari biasanya yang hanya mencapai Rp 800 juta/hari.

Pimpinan Kantor BNI Cabang Cianjur Suhendi mengungkapkan, kiriman transfer uang TKI menjelang hari besar Islam seperti Idul Fitri dan Idul Adha kerap terjadi peningkatan. Pasalnya, banyak keluarga TKI yang meminta transferan untuk membeli kebutuhan hari raya.

"Kiriman transfer TKI meningkat hingga dua kali lipat dari hari biasanya. Pada hari biasa, paling tinggi kiriman hanya mencapai Rp 800 juta/hari, saat menjelang Idul Adha, bisa mencapai Rp 1,5 miliar hingga Rp 2 miliar/hari," kata Suhendi kepada wartawan, kemarin.

Meski menjelang Idul Adha kali ini nilai kiriman uang mengalami peningkatan, namun, bila dibanding Idul Fitri, nilainya lebih rendah. "Idul Fitri lalu jumlah kiriman uang dari para TKI ke Cianjur dalam sehari bisa mencapai Rp 3 miliar," terangnya.

Dia mengungkapkan, meningkatnya pengiriman uang TKI yang masuk melalui BNI hanya terjadi sesaat. "Uang itu hanya beberapa saat saja singgah di rekening BNI. Biasanya langsung ditarik oleh keluarga TKI tanpa diendapkan terlebih dahulu," paparnya.

Suhendi menyebutkan, faktor lain yang menyebabkan penarikan uang tersebut, keluarga TKI berdalih jauhnya jarak tempuh antara tempat tinggal mereka dan lokasi bank cukup jauh. "Pertimbangan itulah yang sering dijadikan alasan untuk menarik semua uang kiriman dari TKI yang masuk ke rekening BNI," ungkapnya.

Dia berharap, kepada para TKI yang akan mengirimkan uangnya melalui rekening BNI, agar memberitahukan kepada keluarganya untuk tidak mengambil seluruh uang kiriman tersebut. Selain itu, keluarga juga harus memahami jika para pegawai BNI juga harus bekerja ekstra.

Sumber : Nag Radar Bogor

0 komentar