KUNJUNGI WEBSITE RESMI CIANJUR NEWS (CN) DI WWW.CIANJURNEWS.COMIIKUTI DIKLAT BLOG UNTUK GURU YANG DILAKSANAKAN OLEH WSI KERJASAMA TELKOM DAN CBC, BERTEMPAT DI PT. TELKOM CIANJUR MULAI TANGGAL 6 APRIL S.D 28 MEI 2008 ,PENDAFTARAN GRATIS, DAFTAR KE : SMK ISLAMIYAH SAYANG JL. PROF. MOH YAMIN NO. 110 SAYANG CIANJUR KONTAK PERSON : 08156309231

Pilkades Kecewakan Warga

Diposting oleh Asep Moh. Muhsin | 04.57 | | 0 komentar »

CianjurNEWS (22/12 ) Buntut dari ketidakpuasan terhadap hasil pemilihan kepala desa (pilkades), sejumlah warga Desa Sukakerta Kec. Kadupandak Kab. Cianjur mendatangi kantor kecamatan, Jumat (21/12). Mereka menduga telah terjadi kecurangan dilakukan panitia pilkades. Oleh karena itu, pelaksanaan pilkades diminta agar diulang.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat Sunardi (40) mengungkapkan, dalam pilkades yang telah berlangsung beberapa hari lalu, diduga telah terjadi kecurangan. Hal itu terungkap saat sejumlah warga mendapati adanya kartu suara telah dibagikan panitia sebelum hari H pencoblosan. Temuan itu membuat warga curiga dan menduga ada permainan dalam pelaksanaan pilkades.

"Sesuai dengan aturan, harusnya tidak boleh membagikan kartu suara sebelum waktu pencoblosan. Kami atas nama warga Desa Sukakerta tidak menerima dengan dugaan terjadinya pada pilkades ini. Jadi kami ingin diulang lagi," ujarnya.

Dia meminta Pemkab Cianjur bisa menindaklanjuti seputar adanya dugaan kecurangan yang terjadi pada pilkades di daerahnya. Apabila panitia pilkades maupun pemerintah tidak bisa memfasilitasi melaksanakan pilkades kembali, warga akan melakukan aksi susulan.

Kapolsek Kadupandak AKP Haryanto membenarkan adanya sejumlah warga mendatangi Kantor Kecamatan Kadupandak. Namun, kedatangan warga ke kantor kecamatan itu, bukan merupakan aksi unjuk rasa. Warga datang untuk melakukan musyawarah dengan pihak panitia pilkades. Dalam pertemuan itu dibahas seputar adanya dugaan penyimpangan pada pilkades.

"Kami selaku aparat hukum, bersama unsur muspika setempat berupaya memfasilitasi aspirasi warga. Suasana pertemuan kondusif, para panitia pilkades hadir juga," katanya.

Mengenai adanya keinginan warga untuk mengulang pilkades, Asisten Daerah (Asda) I Bidang Pemerintahan Setda Pemkab Cianjur, Ade Sanoesi mengatakan pihaknya tidak mungkin memenuhi keinginan tersebut. Alasannya selain terbentur kepada anggaran yang harus disediakan pemerintah, tentunya harus pula ada dasar kuat yang memiliki kekuatan hukum

Sumber : Yusuf Aji -PR

0 komentar