KUNJUNGI WEBSITE RESMI CIANJUR NEWS (CN) DI WWW.CIANJURNEWS.COMIIKUTI DIKLAT BLOG UNTUK GURU YANG DILAKSANAKAN OLEH WSI KERJASAMA TELKOM DAN CBC, BERTEMPAT DI PT. TELKOM CIANJUR MULAI TANGGAL 6 APRIL S.D 28 MEI 2008 ,PENDAFTARAN GRATIS, DAFTAR KE : SMK ISLAMIYAH SAYANG JL. PROF. MOH YAMIN NO. 110 SAYANG CIANJUR KONTAK PERSON : 08156309231

Stok Beras Masih Aman

Diposting oleh Asep Moh. Muhsin | 04.13 | | 0 komentar »

CianjurNEWS (24/12) Bulog Subdivre Cianjur siap menggelar operasi pasar (OP) beras bila harga beras di pasaran sudah terlalu tinggi dan stoknya mengalami kelangkaan. Namun, OP baru bisa digelar apabila ada permintaan dari Pemkab Cianjur.

Kesiapan melaksanakan OP beras tersebut dikatakan Wakil Kepala Bulog Subdivre Cianjur, Apip Djayadisastra, Sabtu (22/12) menanggapi adanya kekhawatiran masyarakat terkait adanya kenaikan harga beras di pasaran dalam sepekan terakhir.

"Stok beras aman, kami saat ini punya stok beras di gudang mencapai 10.500 ton. Jadi tidak ada masalah kalau memang dibutuhkan dan ada permintaan dari pemda, kami siap melaksanakan OP," ujarnya.

Apip mengatakan, persediaan beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kab. Cianjur khususnya bagi keluarga miskin aman dan mencukupi untuk penyaluran empat bulan ke depan. Dengan posisi stok tersebut, pihaknya siap membantu Pemkab Cianjur dalam memenuhi kebutuhan beras keluarga miskin. "Jadi, walaupun saat ini tanaman petani belum masuk musim panen, masyarakat Cianjur tidak perlu khawatir akan mengalami kekurangan beras," tuturnya.

Dikatakan, untuk memenuhi kebutuhan beras gakin di Kab. Cianjur, pihaknya telah menyiapkan stok cadangan beras pemerintah. Stoknya disiapkan sesuai dengan kuota kebutuhan gakin bulan sebelumnya.

"Kalau memang ada permintaan dari pemda, kami siap menyalurkan beras melalui operasi pasar. Kami tidak bisa langsung melakukan OP. OP baru bisa kami laksanakan kalau ada pengajuan dari pemerintah setempat," katanya.

Selain itu, lanjut Apip, penyaluran raskin untuk Desember tahun ini distop. Namun, masih melayani penyaluran sisa raskin November lalu yang belum diambil. Masih ada kira-kira 600 ton sisa raskin belum disalurkan.

Sementara itu, beberapa ibu rumah tangga di Cianjur yang ditemui sedang berbelanja di Pasar Induk Cianjur sempat mengungkapkan kekhawatirannya bila harga beras terus mengalami kenaikan. Pasalnya, hingga Sabtu (22/12), harga beras sudah mengalami kenaikan antara Rp 400,00-Rp 500,00/kg. Misalnya beras kualitas I kini dijual dengan harga Rp 4.800,00/kg. Padahal sebelumnya dijual Rp 4.300,00-Rp 4.500,00/kg. Demikian pula dengan beras kualitas II, sebelumnya dijual antara Rp 4.200,00-Rp 4.300,00/kg, kini naik menjadi Rp 4.600,00-Rp 4.700,00/kg.

"Beras sudah naik, belum lagi sayuran banyak yang naik. Khusunya buat beras, kami khawatir bila harganya terus naik. Saya minta pemerintah bisa mengantisipasinya," kata Yanti warga Cibalagung.


0 komentar